Image of LAPORAN TUGAS AKHIR IMPLEMENTASI SAK ETAP PADA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM DI PASAR SIDOARJO

Text

LAPORAN TUGAS AKHIR IMPLEMENTASI SAK ETAP PADA PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM DI PASAR SIDOARJO



Warung Aldo Sayur merupakan suatu usaha di bidang perdagangan milik kelompok yang menjual berbagai macam sayur-sayuran, rempah-rempah, dan bumbu-bumbu dapur lainnya. Warung Aldo Sayur juga tidak memiliki pembukuan yang pasti, mereka melihat laba rugi hanya dengan menyisihkan uang laba dihitung dari pengeluaran dan pendapatan yang dihitung sendiri dengan menggunakan metode keuangan sederhana.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan metode keuangan sederhana pada UMKM pedagang agrobisnis di pasar Sidoarjo? 2) Bagaimana pandangan pedagang agrobisnis terhadap pengimplementasian SAK ETAP pada penyusunan laporan keuangan UMKM di Pasar Sidoarjo?. Sementara tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode keuangan sederhana pada UMKM pedagang agrobisnis di pasar Sidoarjo. 2) Untuk mendeskripsikan tentang pandangan pedagang agrobisnis terhadap pengimplementasian SAK ETAP pada penyusunan laporan keuangan UMKM di Pasar Sidoarjo.
Untuk menjawabnya, peneliti berupaya menganalisa dan mengevaluasi data yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan penerapa SAK ETAP pada penyusunan laporan keuangan diperoleh dengan teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian pada warung Aldo Sayur menunjukkan bahwa laporan keuangan yang digunakan masih menggunakan metode sederhana dan tidak memiliki pembukuan. Hal ini masih menggunakan metode cash basis. Sehingga dalam penerapan laporan keuangannya belum sepenuhnya akurat. Laporan laba rugi hanya diperoleh melalui pengurangan jumlah pendapatan dengan jumlah pengeluaran. Tetapi data ini tidak tertulis secara sistematis dan belum sesuai dengan standar SAK ETAP dalam penyusunan laporan keuangan, sehingga tidak dapat mengevaluasi secara optimal.


Ketersediaan

#
My Library TA.AK-230.FAU.2022
883TA
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TA.AK-230.FAU.2022
Penerbit Program Studi Akuntansi Politeknik NSC : Surabaya.,
Deskripsi Fisik
xiii, 43hlm.; bibl.; Ilus, 29,7cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA.AK-230
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
2022
Subjek
Info Detail Spesifik
1 ekslempar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog