Image of LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN BROWNIES KUKUS DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG SORGUM

Text

LAPORAN TUGAS AKHIR PEMBUATAN BROWNIES KUKUS DENGAN SUBSTITUSI TEPUNG SORGUM



Brownies kukus merupakan kue berwarna cokelat kehitaman dengan tekstur sedikit lebih keras terbuat dari tepung yang bahan utamanya dalam penelitian ini diganti dengan tepung sorgum. Sorgum (Sorghum bicolor L. Moench) merupakan salah satu jenis biji-bijian (serealia) yang kaya akan kandungan komponen bioaktif berupa jenis karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna sehingga berpotensi menurunkan respon glikemik. Perkembangan produk olahan kukus berbasis snack berbahan baku tepung sorgum, yaitu brownies yang diketahui sangat digemari oleh masyarakat, untuk memanfaatkan tepung sorgum sebagai bahan olahan yang memiliki nilai gizi serta memanfaatkan sumber pangan yang ada di Indonesia. Manfaat dari penelitian ini adalah mengenalkan bahan alternatif selain terigu, sebagai diversifikasi pangan, mengurangi pengurangan terigu, meningkatkan nilai guna dan ekonomi terhadap tepung sorgum.
Penelitian ini menerapkan berbagai formulasi brownies sorgum kukus diantaranya dengan perbandingan 100%, 75%, 50%, dan 25% dari berat tepung terigu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesukaan masyarakat terhadap brownies kukus substitusi tepung sorgum ditinjau dari tingkat warna, aroma, tekstur, dan rasa.
Hasil penelitian pembuatan brownies dengan substitusi tepung sorgum yang disukai oleh responden adalah dengan substitusi tepung sorgum 75% (F2) berpengaruh pada tekstur brownies kukus, namun tidak berpengaruh terhadap warna, aroma, dan rasa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tepung sorgum berpotensi sebagai bahan tambahan dalam pembuatan produk brownies kukus.


Ketersediaan

#
My Library TA.HT-241.ROY.2022
850TA
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Tidak Dipinjamkan

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TA.HT-241.ROY.2022
Penerbit Program Studi Perhotelan Politeknik NSC : Surabaya.,
Deskripsi Fisik
xi, 38hlm.; bibl.; Ilus, 29,7 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA.HT-241
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
2022
Subjek
Info Detail Spesifik
1 ekslempar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog