Image of Laporan Tugas Akhir Tempat Sampah Pintar Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano (Smart Trash Bin)

Text

Laporan Tugas Akhir Tempat Sampah Pintar Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroler Arduino Nano (Smart Trash Bin)



Dalam meningkatkan kesadaran akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, kadang memerlukan cara yang unik agar tiap-tiap individu tertarik, sehingga tak segan untuk membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah pada umumnya membuka dan menutupnya secara manual. Hal ini menyulitkan seseorang untuk membuang sampah ataupun membersihkan sampah yang sudah penuh. Penelitian ini dilakukan di Politeknik NSC Surabaya, memberikan solusi dengan membuat tempat sampah pintar (smart trashbin) berbasis Arduino Nano, menggunakan sensor HC-SR04, motor servo, rangkaian adaptor, speaker dan LCD. Dalam
Smart Trash Bin menggunakan sensor HC-SR04 berbasis Arduino board sebagai pendeteksi jarak, sedangkan motor servo digunakan sebagai penggerak buka dan tutup tempat sampah, dan speaker beserta LCD sebagai notifikasi bahwa sampah sudah penuh.


Ketersediaan

#
My Library TA.TK-178.HAK.2021
761TA
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TA.TK-178.HAK.2021
Penerbit Program Studi Teknologi Komputer Politeknik NSC : .,
Deskripsi Fisik
xii, 29hlm.; bibl.; Ilus, 29,7cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA.TK-178
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Info Detail Spesifik
1 ekslempar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog