Image of Laporan Tugas Akhir Perbandingan Return Investasi Saham dengan Return Investasi Deposito pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Surabaya (BES)

Text

Laporan Tugas Akhir Perbandingan Return Investasi Saham dengan Return Investasi Deposito pada Perusahaan Go Public yang Terdaftar di Bursa Efek Surabaya (BES)



Kondisi perekonomian Indonesia yang mengalami guncangan hebat saat ini dan ditambah dengan keadaan politik dan keamanan yang tidak mendukung, membuat para investor harus berfikir dan menganalisa lebih mendalam untuk setiap alternatif investasinya. Begitu pula untuk harga saham memiliki hubungan yang terbalik dan secara teori dikatakan investasi pada saham memiliki return yang lebih besar daripada deposito, namun dengan kondisi di Indonesia yang penuh dengan ketidakpastian ini belum tentu teori tersebut masih berlaku seperti penelitian yang dilakukan peneliti terdahulu yaitu Marsulis Setiowati dan Amalia Zulfa, dimana hasil penelitian mereka bersifat pro dan kontra dengan teori yang ada. Karena didorong oleh rasa ingin tahu yang tinggi, penulis mencoba meneliti ulang apa yang telah diteliti keduanya, dimana mereka merumuskan masalah, apakah benar investasi pada saham lebih menguntungkan daripada berinvestasi pada deposito? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perbandingan terhadap return investasi pada saham dan return investasi pada deposito serta untuk mengetahui lebih besar mana tingkat keuntungan antara investasi pada saham dengan deposito dalam perekonomian saat ini sekaligus untuk menghasilkan bahwa dengan memilih investasi yang tepat akan menghasilkan keuntungan yang besar. Penelitian ini bersifat deskriptif data yang digunakan adalah data sekunder yang bersifat kuantitatif dan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji statistik, Hasil penelitian yang penulis lakukan ternyata berivestasi pada deposito lebih menguntungkan daripada berinvestasi pada saham, Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan yaitu rata-rata tingkat keuntungan pada saham sebesar 1,16% dengan deviasi standar sebesar 18,18%, sedangkan rata-rata tingkat keuntungan pada deposito sebesar 3,43% dengan deviasi standar sebesar 1,18%. Penelitian ini memberikan kesimpulan yang sama dengan penelitian yang dilakukan Marsulis Setiowati dimana rata-rata tingkat keuntungan pada saham sebesar 1,18% dengan deviasi standar 5,90%, sedangkan rata-rata tingkat keuntungan 1,41% dengan deviasi standar 0,07%. Berdasarkan hasil penelitian penulis, setelah diuji dengan statistik didapatkan t hitung-1,18 dan t tabel 1,697. Pengujian menggunakan taraf signifikan 5%, dengan demikian Ho diterima dan Ha ditolak yang berarti bahwa pada periode Juli 2004-Desember 2005 diterima berinvestasi pada deposito bagi investor sarna saja.


Ketersediaan

#
My Library (3, 3) TA AK-095 MAY 2007
141TA
Tersedia

Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TA AK-095 MAY 2007
Penerbit Program Studi Akuntansi Politeknik NSC : 2023.,
Deskripsi Fisik
vii, 59hlm.; 29,7cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
TA AK-095
Tipe Isi
text
Tipe Media
other
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
1 Eksemplar
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog